Siapa Bilang ITB Mahal..?

Assalamu’alaykum sahabat..
Salam semangat

Kemarin di ITB (4 Maret 2012), saya sama teman-teman SMA ikut acara Aku Masuk ITB. Walaupun saya sudah kuliah di ITB (Alhamdulillah) tapi saya ikutan aja biar bisa bantu temen SMA lebih termotivasi masuk ITB dan juga adik2 dari SMA ku. Nah ini salah satu artikel yang saya dapat dari AMI kemarin. Sesuai judulnya “Siapa Bilang ITB Mahal…??” Baca aja ya..

Ganeshapedia Edisi 0 2012, Hesti Nuraini

itb21Kata orang, kuliah di ITB itu mahal. Eits, siapa bilang itu benar? Kuliah di ITB bisa-bisa aja kok jadi murah, bahakan gratis sekalipun! Ah masak sih? Gak percaya ah! Apa buktinya? Hmm… buktinya ya aku ini. Ya, aku adalah seorang penerima Beasiswa ITB Untuk Semua, yang biasa disebut BIUS. BIUS ini membiayai penuh semua biaya kuliah, termasuk biaya hidup selama empata tahun kita belajar di ITB, keren kan?

Tahun 2009 ada 40 orang penerima BIUS, kemudian di tahun 2010 penerima bertambah menjadi 61 mahasiswa. Pada tahun 2011, ada 100 mahasiswa yang menerima bius. 

Wah… yang diterima BIUS cuma sedikit dong? Tenang aja! Beasiswa yang ada di ITB bukan cuma BIUS kok. Ada juga Beasiswa Bidik Misi dari Kementrian Pendidikan Nasional. Seperti BIUS, Beasiswa Bidik Misi juga memberikan biaya kuliah penuh termasuk biaya hidup. DI tahun 2011, Beasiswa Bidik Misi diberikan unutk 450 orang calon mahasiswa ITB, gede banget kan kesempatannya?

Selain itu buat kamu urang Sunda, ada Beasiswa Pelopor bagi siswa berprestasi di Jawa Barat yang diberikan kepada 50-100 mahasiswa tiap tahunnya, tergantung banyaknya yang membutuhkan. Beasiswa ini berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Informasi mengenai beasiswa ini biasanya langsung diberikan ke tiap-tiap SMA yang ada di Jawa Barat.

Nah, kalau masalah prestasi, ada lagi Beasiswa OSN yan gdiberikan oleh ITB buat kamu yang menjuarai Olimpiade Sains, baik di tingkat nasional maupun internasional. Ada juga beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) yang diberikan kepada mahasiswa yang memiliki indeks prestasi (IP) yang di atas rata-rata. Kalau beasiswa PPA ini memang baru bisa didapatkan setelah kita kuliah minimal satu semester di ITB.

Masih ada lagi lho beasiswa dari ITB! Ada Beasiswa MInat buat kamu yang tertarik belajar astronomi, meteorologi, dan oseanografi. Beasiswa ini menanggung Biaya Penyelenggaraan Pendidikan di Muka (BPPM), yang nilainya 55 juta rupiah. Jadi kalau kamu diterima di ITB melalui program Beasiswa Minat, kamu hanya tinggal membayarkan Biaya Pendidikan per Semester dan biaya kuliah per SKS-nya saja. Setiap tahunnya, ITB membuka kesempatan untuk lebih dari 100 orang calon mahasiswa dari di ketiga jurusan unik diatas.

Selain di ITB, masih banyak perusahaan negeri maupun swasta yang menawarkan berbagai macam program beasiswa (PT. Sampoerna, PT. Pertamina, PT. Djarum, Bank Mandiri, dll). Informasi tentang beasiswa dari perusahaan bisa kamu ulik langsung di situs resmi masing-masing atau pantau pengumumannya di media cetak nasional.

Gak ada lagi kan alasan buat takut kuliah di ITB cuma karena gosip ‘ITB Mahal’. Buktinya, banyak banget kok mahasiswa ITB yang biaya kuliahnya diringankan atau bahkan gratis tis tis! Semua tergantung dengan usaha kita. Kalau kita aktif nyari informasi sana-sini, beasiswa untuk kuliah di ITB itu ada banyaaaak, banyak sponsornya dan banyak juga jumlahnya.

Jadi, masih semangat dong buat kuliah di ITB? Don’t stop believeing, pasti selalu ada jalan selama kita berusaha. Keep your dream and make it real!.

Nah itu tadi artikel yang saya baca. Jujur ya, sebelum masuk ITB, saya juga kepikiran ITB Mahal. Tapi setelah konsultasi sama Alumni sekolah dan Alumni ITB sendiri, ternyata ITB itu beasiswanya banyak, tinggal usaha kita mau masuk atau tidak di ITB. Jadi bagi kamu yang pengen banget masuk ITB, belajar dengan baik dan usaha terus, masalah biaya tenang aja yang terpenting adalah kamu bisa Lulus di ITB. Dan ITB juga tidak pernah men-DO mahasiswanya karena masalah Biaya kok.. Jadi tetap semangat ya..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: