Telur Orak Arik Spesial

Kebanyakan mahasiswa sukanya segala hal yang praktis, mulai dari materi kuliah berbentuk fotokopian, sampai urusan perut yang biasanya cuma ngandalin mie instan pake telor (sabar lah kawan). Sikap itu tidak salah, setidaknya kita bisa memaksimalkan waktu di urusan yang lain (harapannya begitu, realitanya? hhe). Tapi cobalah setidaknya kita berjuang sedikit dulu, sedikit berkeringat, supaya hati ini terpuaskan dengan apa yang sudah diperjuangkan.

Nah, berawal dari piket makan yang berlaku di rumah mahasiswa dan pada hari itu saya yang bertugas, keinginan untuk masak pun tak terbendung lagi. Meskipun jam masak di dunia permasakan belum begitu banyak, saya iseng-iseng cari resep di internet, tentunya resep level medium lah. Ketemu telur orak arik. Dengan menggunakan insting mahasiswa, diri ini berani untuk memberikan sedikit aransemen supaya lebih apik. Oke, deh langsung saja dari pada basa-basi melulu, garing pula, iya kan? nih dia resepnya

Bahan

5 siung bawang merah

5 siung bawang putih

1/2 bawang bombay

2 batang wortel

6 butir telur

1/4 sayur kubis

3 batang sosis ayam atau sapi

1 sendok teh Garam

Lada hitam, lada putih, seledri, dan daun bawang secukupnya

5 sendok makan minyak goreng

Satu bungkus penyedap rasa (pilihan)

Cara Pembuatan

  1. Kocok telur ayam, masukkan garam ditambah lada hitam, lada putih, daun seledri dan daun bawang sesuai selera. Kalau ragu, tambahkan sedikit dulu, nanti kalau sudah jadi bisa ditambah lagi. Daripada langsung banyak, bisa keasinan dan tidak sesuai selera, alias Gagal.
  2. Iris tipis bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. Untuk wortel usahakan setebal 3 mm dan sosis sekitar 1/2 cm.
  3. Kubis dipotong kecil-kecil supaya lebih matang ketika dimasak bersama telur.
  4. Panaskan minyak di wajan, dan tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombay hingga harum (usahakan jangan sampai kering kayak bawang goreng), kemudian tambahkan wortel dan sosis, terus diaduk hingga rata.
  5. Ketika warna wortel sudah agak terang, masukkan daun kol yang sudah diiris kecil. tetap diaduk hingga bentuk kol tidak kaku lagi.
  6. Masukkan telur ke wajan kemudian aduk hingga tercampur rata bersama bahan-bahan yang sudah ditumis tadi. Terus diaduk hingga matang agar tidak gosong. Kemudian taruh di wadah yang muat untuk telur dan kaldunya.
  7. Panaskan air setengah liter. Setelah mendidih, tambahkan sebungkus penyedap rasa (mas*ko atau r*yco). Ini pilihan saja, kalau teman-teman bisa bikin kaldu asli lebih bagus lagi
  8. Tuangkan air kaldu nya ke telur orak arik. Siap disajikan :)

Sedikit gambar dari cara pembuatan

Wortel, sosis, dan bawang

Wortel, sosis, dan bawang

Ditambah kubis

Ditambah kubis

masukkan Telur

masukkan Telur

Telur yang sudah tercampur

Telur yang sudah tercampur

tuangkan ke wadah

tuangkan ke wadah

Sarapan kami, sederhana tapi nkmat

Sarapan kami, sederhana tapi nkmat

Harapannya, sarapan ini untuk 8 orang, tapi sungguh disayangkan hanya cukup untuk 5 orang (sabarlah kawan, mie instan dan telur masih ada) dikarenakan oleh kuantitasnya yang sedikit serta rasanya yang enak (badum tsss :D ). Tapi karena waktu itu sebagian teman-teman pergi, akhirnya cukup lah untuk 5 orang yang lagi di rumah.

Terakhir, hikmah dari masak-masak ini adalah jangan biarkan telur terlalu lama digoreng sehingga gosong dan pahit untuk dimakan, juga sebagai pemula jangan sampai telur yang digoreng dibalik sebelum matang sehingga bisa belepotan kemana-mana. Artinya, hidup itu jangan stagnan harus berkembang terus, hidup yang berkembang akan membuat manusianya bermanfaat dan menjadikan kehidupannya terasa indah. Bila urusan A selesai pindah ke urusan B, boleh lah mengambil 2 urusan tapi klo tidak mampu, jangan! Supaya hasilnya lebih baik. Semoga kita semua bisa mengamalkannya terutama saya sendiri.

Sekian dari saya, mahasiswa tak berdaya. Salam mi telor

Assalamu’alaykum wr wb

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: