Saham dan Terorisme

Mungkin ini topiknya agak berat sih, tapi setidaknya saya ingin menuliskan hasil pembicaraan kami setelah menonton film Jack Ryan: Shadow Recruit. Menarik, film ini bericerita tentang mantan marinir USA yang menjadi ahli ekonomi sekaligus mata-mata bagi pemerintah. Film dari karya Tom Clancy ini menarik karena menurut diskusi kami sangat bisa dihubungkan dengan keadaan dunia saat ini.

Pada film ini dieritakan bahwa bagaimana isu terorisme dapat mempengaruhi pasar ekonomi.

Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit saja dari perilaku pasar yang saya ketahui (harap maklum saya bukan orang ekonomi tapi fisika). Keadaan pasar sangat dipengaruhi oleh keadaan sentimen saat itu, Ketika para pembeli saham melihat sentimen positif, maka mereka membeli saham sehingga harga saham itu pun naik karena permintaannya yang semakin besar, Namun ketika terlihat sentimen negatif, maka para pemilik saham akan menjual sahamnya sehingga mengakibatkan harga saham itu tidak begitu bernilai lagi.

Seseorang dapat menguasai pasar ketika dia bisa mengendalikan sentimen. Dan banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan sentimen ini, baik melalui pemerintah, peraturan daerah, atau kesepakatan ekonom saat itu. Namun, hal yang menarik pada film Jack Ryan adalah seseorang dapat mengendalikan sentimen atau keadaan pasar dengan terorisme, ya terorisme.

Ketika terorisme merebak disuatu negara, maukah anda berbisnis di negara tersebut? Tentu tidak, karena kita memikirkan keamanan aset kita agar tetap beguna. Menariknya isu terorisme saat ini seakan muncul kembali disaat sentimen pasar ekonomi indonesia cenderung bergerak positif.

Kita tidak perlu menghubungkan terorisme dengan negara, agama, suku atau apapun itu. Karena pada dasarnya semua negara dan agama menginginkan keamanan dan ketertiban, namun ada beberapa pihak mencoba berpikiran aneh dan di luar batas kewajaran sehingga terorisme ini terjadi.

Oke, kembali ke topik. Dari pembahasan saya sembelumnya dapat diasumsikan bahwa, terorisme yang merebak bertujuan merusak persatuan bangsa juga ingin meruntuhkan perekonomian kita.

Saya rasa pemerintah telah mengetahui ini sejak awal dan sudah mempersiapkan beberapa solusi terbaik bagi kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: