Global Warming atau Global Cooling?

Time-Climate-Covers

Sekarang saya akan menjelaskan mengapa global warming bisa terjadi dan apa kaitannya dengan global cooling. Global warming terjadi karena semakin panas nya permukaan bumi baik itu karena efek rumah kaca maupun hasil pembakaran bahan bakar fosil. Efek rumah kaca, seperti yang bisa dibayangkan, adalah efek dimana cahaya yang masuk ke bumi terperangkap oleh atmosfir bumi, sehingga membuat bumi makin panas dan panas. Hal ini tentu mengakibatkan beberapa masalah seperti mencairnya es di daerah kutub, naiknya permukaan air laut, dan berubahnya iklim bumi.

Apakah ada cara agar ini bisa dihentikan? Menurut penelitian karbon dioksida yang dihasilkan dari aktivitas manusia relatif sangat rendah dibandingkan dengan daur karbon di dunia. Sehingga menurut saya, wajar adanya terjadi pemanasan global namun tidak normal karena adanya campur tangan manusia.

Nah, apa kaitannya dengan global cooling? Global cooling secarah bahasa adalah penurunan suhu bumi dari keadaan panas ke keadaan yang lebih dingin. Hal ini bisa terjadi karena menurunnya aktivitas matahari maupun letusan gunung berapi. Menurunnya aktivitas matahari membuat radiasi matahari ke bumi semakin berkurang sehingga membuat lingkungan di sekitar bumi menjadi lebih dingin. Masalahnya adalah ketika dalam atmosfer bumi kita masih hangat tetapi lingkungan di luar atmosfer menjadi lebih dingin, seperti yang bisa dibayangkan, keadaan bumi akan lebih lembab sehingga menimbulkan badai dan curah hujan yang tinggi (perubahan iklim).

Selain itu, faktor letusan gunung berapi juga mempengaruhi global cooling. Aerosol yang dimuntahkan ketika letusan gunung mengakibatkan terhalangnya radiasi panas matahari yang masuk ke bumi. Hal ini terbukti ketika gunung krakatau meletus tahun 1883. Saat itu, suhu global yang dicatat mengalami penurunan. Begitupun juga dengan gunung Pinatubo yang meletus pada tahun 1991 juga mengakibatkan penurunan suhu global.

Saat ini (2014) bumi kita memasuki fase dimana matahari mulai mengalami penurunan aktivitas sehingga global warming yang selama ini terjadi mulai berkurang dengan resiko semakin seringnya badai terjadi dan juga letusan gunung merapi yang mengarah pada global cooling. Hal ini mengikuti analisis dari yang saya paparkan sebelumnya.

Sehingga dalam pemberitaan global warming kita mesti seimbang juga tentang pemberitaan global cooling. Hal ini karena dimana global warming terjadi maka di satu sisi kita juga akan menuju pada global cooling. Begitupun ketika global cooling terjadi di satu sisi juga kita akan menuju pada global warming.

Terjadinya global warming dan global cooling merupakan proses alam yang tidak bisa kita hindari, pasti akan terjadi. Yang mesti kita lakukan adalah bagaimana kita merawat bumi kita ini supaya anak cucu kita masih bisa menikmati apa yang kita rasakan sekarang, dan kalau bisa merasa lebih baik. Jauh lebih dari itu, sebagai makhluk yang berakal, kita juga mesti memikirkan bagaimana agar peradaban kita ini masih bisa terus berlanjut tanpa merusak alam. Inovasi yang kita lakukan mestilah ramah lingkungan. Saya teringat pesan dosen saya, jangan berfikir apa yang kita mau perbuat kepada alam, tetapi pahamilah apa yang alam inginkan. Semua yang kita lakukan kembali ke kita lagi, bijaklah dalam bertindak. Have nice day

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: